Awalnya RSY atau Rumah Seni Yusak berdiri pada tahun 2013 atas inisiatif Yusak Hartoko. Pengalamannya mengajar musik secara profesional dari tahun 2006 sebagai pengajar di Institut Musisi Indonesia Jakarta sekarang bernama SOCA-IMI ( kunjungi website soca disini ) dan juga pengalamannya sebagai guru di lembaga pendidikan musik lokal wisma musik ste’sa bandung ataupun guru les musik privat membuatnya mengambil langkah berani untuk membuka sekolah musiknya sendiri.

Memanfaatkan ruangan yang terhubung ke garasi di rumahnya, Yusak memberanikan diri untuk memulai Rumah Seni Yusak. Ruangan yang ada dibagi menjadi 3 ruangan, untuk piano, untuk gitar/bass. dan untuk drum yang juga bisa digunakan untuk vokal, biola dan rekaman home recording.

Kesulitan yang cukup dirasakan dalam awal perjalanan RSY adalah soal waktu, karena kesibukan mengajar diluar yang cukup banyak sehingga monitoring dan pengembangan RSY kurang fokus dilakukan. Sampai akhirnya sekitar tahun 2015 melihat perkembangan RSY dan perkembangan informasi yang sangat cepat, disadari bahwa untuk menjadi sekolah musik yang terus berkembang ke arah yang semakin baik diperlukan fokus untuk bisa mengembangkan setiap aspek dan elemen yang mendukung siswa untuk maju dalam pembelajaran musiknya.

Arus perubahan cepat yang dibawa internet, beragam informasi dari youtube yang semakin mudah diakses memberikan kesadaran bahwa kurikulum dan metodelogi pendidikan yang digunakanpun harus terus berkembang agar up to date dan bisa menjawab perkembangan zaman.

Menghadirkan metodologi dan kurikulum up to date yang baik tentu saja tidak instan, semuanya adalah proses pembelajaran seumur hidup. Niatan tulus untuk melakukan hal tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada setiap orang yang percaya untuk belajar di RSY adalah komitmen RSY. RSY terus berbenah dan memperlengkapi diri untuk dapat menjadi mitra yang qualified bagi siapa saja yang mau mengembangkan pembelajaran dan minatnya di bidang musik sehingga RSY bisa menjadi tempat sharing, caring, and growing up TOGETHER

SALAM….