Ketika memulai belajar musik, salah satu kegiatan yang ‘males euyyyy’ bagi saya adalah reading not dalam paranada. Jangan salah reading dan writing adalah hal mendasar yang sangat penting untuk menjadi pendamping kehidupan kita (dalam bermusik ataupun bidang lainnya), ini adalah cara kita berbagi ide kita dan juga memahami ide orang lain. Tapi di awal-awal saya belajar musik kenyataan pentingnya reading dan writing ini tidak bisa menutupi besarnya kenyataan ‘males euyyy’ saya tadi. Salah seorang teman saya pernah share gambar berikut

Gambar yang membuat saya tertawa …..Kebiasaan kita dari kecil belajar membaca dan menulis abjad rumus matematika lebih familiar dibandingkan gambar toge-toge (menurut saya gambar not di paranada menyerupai sayuran toge digambar berikut bukan toge yang lain   :hammer )

Hasil gambar untuk gambar toge                 VS                     

Bagi saya yang memulai dengan mempelajari instrumen gitar sangat berbahagia, karena untuk kebutuhan reading dan writing di gitar atau juga bass banyak menggunakan TABLATURE/TABLATUR/TAB.

Apa sih Tablature/Tablatur/TAB itu?

— Tablatur ialah bentuk penulisan notasi alat musik berdawai yang populer di abad ke-15 sampai ke-18. Penulisan ini populer karena sifatnya yang praktis. Ada banyak variasi tablatur, namun yang paling lazim adalah garis-garis yang melambangkan keenam senar lalu terdapat angka-angka yang memberikan keterangan senar mana dan posisi fret mana yang harus ditekan —  (gitarpedia, Jubing Kristianto, Jakarta 2005, PT Gramedia Pustaka Umum)

*maaf penulisan ini saya tulis lebih singkat, tidak ditulis utuh seperti di buku dengan maksud lebih mudah ditangkap intisarinya

Perhatikan gambar dan penjelasan berikut

Bentuk  1

E————————————————————                                                                                B————-3———————————————-                                                                               G————————————————————                                                                               D————————————————————                                                                               A——–2————————————————–                                                                                E—0——————————————————-

Enam garis yang anda lihat merupakan keterangan senar, Sedangkan angka merupakan keterangan posisi fret yang harus ditekan.

Jadi penjelasan gambar diatas :

  1. Bunyikan senar E (senar 6, senar paling atas) tanpa menekan fret (karena keterangan angka ‘0’;)
  2. Bunyikan senar A (senar 5, senar kedua dari atas) sambil menekan fret 2 di senar A tersebut
  3. Bunyikan senar B (senar 2, senar kedua dari bawah) sambil menekan fret 3 di senar B tersebut

— Apabila gambar angka tidak sejajar seperti gambar diatas berarti not dibunyikan berurutan —

 

Bentuk  2

E—-1—————————————————–                                                                                  B—-1—————————————————–                                                                                  G—2—————————————————–                                                                                 D—3—————————————————–                                                                                 A—3—————————————————–                                                                                  E—-1—————————————————–

Penjelasan gambar diatas :

— Tekan Fret 1 Senar E (senar 6), Fret 3 senar A (senar 5), Fret 3 senar D (senar 4), Fret 2 senar G (senar 3), Fret 1 senar B (senar 2), Fret 1 senar E (senar 1) bersama-sama lalu bunyikan juga secara serentak/bersama-sama (perhatikan posisi angka sejajar)

Penulisan Tablature/TAB yang saya gambarkan diatas ialah cara cepat apabila ingin menggambarkan TAB tanpa proses edit penulisan menggunakan software hanya menggunakan cara mengetik standar apabila kita mengetik di word atau notepad secara umum, tentu saja hasil akan lebih baik jika penulisan menggunakan software. Berikut contoh penulisan TAB yang menggunakan software.

Gambar 3

Gambar diambil dari mbah gugel ya dari sini

Kesimpulannya TABLATURE/TABLATUR/TAB ialah cara penulisan yang berisi informasi posisi senar dan fret yang harus ditekan dan dibunyikan.

Masalah yang sering ditanyakan selanjutnya ialah mengenai informasi nilai not yang dibunyikan, jika diperhatikan gambar 3 diatas gambar TAB dikombinasikan dengan penulisan not di paranada. Sehingga :

  • informasi posisi not pada gitar kita didapatkan dari TAB,
  • informasi nilai not yang kita bunyikan didapatkan dari not di paranada.

Semoga penjelasan diatas membantu khususnya buat anda-anda pemain gitar ataupun bass.                                           Selanjutnya nanti saya akan berbagi licks beserta dengan video dan TAB-nya, sehingga anda bisa berlatih membaca sekaligus juga berlatih instrumen anda. Available soon hehe….tunggu ya  gambar dp bbm gif animasi bergerak

pertanyaan atau apapun yang ingin disampaikan bisa di email ke yh@rumahseniyusak.com

terimakasih untuk perhatiannya